Penuh dengan Sejarah Taman Rekreasi Selecta Yang Harus di Ketahui Wisatawan 2020

Hasil gambar untuk selecta
Add caption
Selecta ini didirikan oleh Franciscus de Ruijter de Wildt pada tahun 1928. Ruijter de Wildt adalah seorang Belanda kelahiran Banyumas pada 24 Februari 1891. Ia adalah putra Jacobus Franciscus de Ruijter de Wildt, seorang administrator Pabrik Gula Klampok di Banyumas (administrateur van de suikerfabriek Klampok te Banjoemas).

Awalnya, infrastruktur yang dibangun di dalam taman rekreasi tersebut adalah kolam renang. Peletakan batu fondasi dilakukan oleh Nyonya De Ruijter de Wildt. Saat peletakan batu inilah, Nyonya De Ruijter de Wildt sempat berujar agar supaya kolam renang tersebut kelak menjadi lokasi pilihan (selecte) yang indah. Dari ujaran ini kemudian menjadi Selecta.
Kemudian pada tahun 1934 ditambah dengan tujuh bangunan berupa bungalow, dan pada tahun 1937 diperluas menjadi hotel dengan sebuah paviliun. Pengerjaannya dipercayakan kepada Biro Arsitektur M.J. Lang & Co, yang berkantor di Tjelaket 66 Malang
Setelah mengalami kerusakan pada era Revolusi, pada 19 Januari 1950 taman rekreasi ini mulai dibangun kembali oleh 47 tokoh masyarakat yang kemudian dikenal sebagai pendiri pembangunan PT Selecta. Nama-nama tersebut bisa dibaca oleh pengunjung ketika memasuki pintu utama taman rekreasi ini, yang disematkan dalam bentuk prasasti yang terbuat dari batu marmer.
Pada 1 Maret 1955, Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, pernah berkunjung ke Selecta ini dengan meninggalkan kenangan berupa secarik tulisan yang berharap Selecta tetap maju. Begitu pula halnya dengan Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia, Mohammad Hatta, pernah mengunjungi Selecta pada 14 November 1956. Beliau juga meninggalkan secarik tulisan yang menginginkan Selecta berkembang terus.
foto by wayangku.id

Hingga sampai sekarang  di Vila Bima Sakti setiap para prmimpin selalu ber istirahat di sini untuk menentukan berbagai masalah yg terjadi
Pengunjung yang bertandang ke Taman Rekreasi Selecta ini akan dimanjakan oleh sejumlah fasilitas dan arena bermain yang dikembangkan oleh PT Selecta, seperti kolam renang, hotel, restoran, area jogging, taman bunga, pasar buah, area outboundwater park, kolam ikan, akuarium, live music dan goa singa. Sedangkan, arena bermain yang tersedia meliputi sky bike, sepeda air, kiddie ride, bahtera ayun, kereta kuda, flying fox dan bioskop 6 dimensi.
Selecta memang sudah dikenal sejak dulu karena keindahan alamnya dengan udara pegunungan yang sejuk dan segar yang dapat membuahkan inspirasi dan mengukir kenangan bagi setiap pengunjungnya. Selecta is Truly Picnic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar