Oi oi Kesini main di Kebunku Petik Apel Mandiri lets go

halo,... agan dan aganwati yang budiman dan baik hati,

petik apel di kebun, kebun petik apel Mandiri
Lihat kebunku, penuh dengan buah
Kota Batu sudah dikenal sebagai Kota Apel. Pemberian nama itu bukan tanpa makna. Pasalnya, di Kota Batu banyak perkebunan apel yang tumbuh subur. Selain apel, ada juga buah jenis lain yang hanya bisa hidup di tempat dingin seperti buah stroberi yang juga banyak dicari oleh wisatawan saat berkunjung ke Kota Batu. Wisata Kota Batu Malang, identik dan terkenal sebagai Kota apel. Sektor pertanian yang terbesar di Kota Batu adalah perkebunan apel. Dan saat ini perkebunan apel yang tersebar di Kota Batu telah menjadi salah satu obyek wisata favorit, baik untuk pengunjung domestik atau wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Karena buah apel sendiri tida bisa hidup dan berkembang atau berbuah di semua lokasi di Indonesia. Hanya tempat -tempat dengan kondisi tertentu seperti di pegunungan dengan hawa dingin dan sejuk buah ini akan tumbuh dengan maksimal.
Memilih destinasi tempat wisata di Malang sebagai sarana refreshing atau liburan tidaklah lengkap jika tanpa mengunjungi wisata agro tourism kebun buah apel. Tanpa mengunjungi kebun buah apel akan terasa kurang, karena buah apel adalah ikon  dari kota Batu karena disinilah sentra buah apel terbesar di Indonesia. Walaupun perkembangan dunia pariwisata di malang semakin hari semakin berkembang pesat namun eksistensi kebun apel terus berkembang juga seiring perkembangan waktunya.


Suasana Kebun Kami, 



Lokasi Wisata Kebun Petik Apel
Di area kota wisata Batu ini ada beragam lokasi  untuk memetik sendiri buah apel secara langsung dari pohonnya . Tentu saja Anda akan di temani oleh pemandu atau tour guide yang mendampingi aktivitas selama di kebun buah ini.  Pemandu tersebut akan menjelaskan proses prose cara bertani buah apel dari awal sampai pada fase pemanenannya, termasuk juga pengolahan atau pasca panen yang  dilakukan terhadap buah ini. Prodok – produk olahan buah apel yang beraneka ragam mulai dari keripik apel, selai apel dan berbagai hasil olahan lainnya bisa anda dapatkan sebagai oleh-oleh atau souvenir khas dari kota Batu. Beberapa lokasi kebuan buah apel yang paling trend untuk di kunjungi di antaranya adalah
§  Kebun Buah Kusuma Agrowisata ,Selain menyediakan kebun buah apel disini anda juga bisa menikmati kebuan buah lainya seperti petuk jeruk, petik strawbery, melihat langsung pengolahan buah apel yang di jadikan beraneka ragam macam olahan dan disini juga terdapat penginapan yang melegenda yaitu hotel kusuma agrowisata. Merupakan destinasi utama untuk paket liburan Malang Batu.
§  Kebun Buah Apel di Bumiaji , di kecamatan Bumiaji merupakan wilayah pemerintahan yang paling banyak kebunnya mulai dari sidomulyo, punten, selecta , banaran, gunung sari , punten dan sebagainya. Namun yang paling trend di area ini dan banyak di kunjungi adalah kebun buah apel Selecta, karena dekat dengan Taman Bunga Selecta.
§  Kebun Buah Apel di Pujon, Terletak di barat Kota Batu , kebun buah Madirejo merupakan lokasi petik buah apel yang paling terkenal di Pujon. Lokasi kebun buah apel pujon dekat dengan berbagai temapt wisata menarik seperti wisata paralayang MalangOmah Kayu Malang atau Rumah Pohon , cafe sawah , air terjun coban rondo, pasar buah dewi sri , taman pinus bendosari dan sebagainya.

Nahh, Kebunku ada di map dibawah ini gaesss..., langsung on the way ya... haha


Sayangnya destinasi wisata petik apel ini memberikan peraturan yang sedikit merugikan wisatawan, meskipun bisa dibilang menguntungkan wisatawan dari segi perut. Yah, di wisata petik apel ini wisatawan tidak diizinkan untuk membawa pulang buah yang dipetiknya. Setelah dipetik, buah apek harus dikumpulkan pada pengelola wisata. Jika wisatawan ingin membeli buah yang dipetiknya, pengelola sangat mempersilakan. Intinya, wisatawan hanya boleh memetik buah dan makan secara langsung di lokasi sepuas-puasnya hingga kenyang.

Jenis-jenis buah apel
Jenis buah apel yang di budidaya di seputaran kota Batu ;
  1. apel granny smith
  2. apel Huangling
  3. apel anna
  4. apel Rome beauty
  5. apel manalagi
Namanya memang banyak menggunakan pengucapan eropa, ya, karena memang buah apel adalah tanaman sub-tropis. Padahal seluruh jenis apel ini hanya berbeda dari segi rasa dan tekstur daging buahnya. Selain itu, tidak semua lokasi wisata petik apel menyediakan semua jenis.
Selain membeli buah apel, wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh lainnya yang berasal dari olahan buah apel. Olahan itu berupa keripik apel. Rasanya yang khas menjadikan keripik ini begitu disukai oleh kalangan wisatawan. Terakhir, jangan lupa untuk mengabadikan momen memetik buah apel kalian dengan kamera yang kalian bawa.
Apakah lokasi wisata petik apel ini bisa dijangkau dengan transportasi online? Sangat bisa! Kalian hanya perlu memasukkan destinasi tujuan wisata petik apel mandiri di aplikasi. Driver akan siap mengantar kalian.

by 1001Panduan Turis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar